1. Dibawah ini yang bukan ciri makhluk hidup adalah...
a. Makan d. Bernapas
b. Tumbuh e. Mati
c. Rotasi
2. Manakah yang bukan kegiatan observasi ?
a. Melihat d. memikirkan
b. Mendengar e. membau
c. Mengecap
3. Laporan hasil observasi ini yang salah adalah..
a. Bayi itu lahir sempurna
b. Jari tangannya 6 buah
c. Antena sebelah kiri panjangnya 2 cm
d. Tubuhnya berbuku – buku
e. Akar menjalar dipermukaan kulit pohon
4. Laporan observasi berikut yang benar adalah..
a. Suhu tubuh adik saya tinggi sekali sehingga dia pingsan
b. Keringatnya mengalir deras
c. Denyut nadinya 90 kali per menit
d. Tekanan darahnya tinggi
e. Kulitnya memerah
5. Seorang siswa ingi meneliti pengaruh cahaya lampu terhadap banyaknya oksigen yang diproduksi oleh Hidrylla. Mnakah yang tergolong vareabel bebas ?
a. Siswa
b. Intensitas cahaya lampu
c. Volume oksigen
d. Hydrila
e. Tabung reaksi
6. Seorang siswa ingin meneliti pengaruh pemberian pupuk urea terhadap pertumbuhan tanaman jagung. Rumusan permasalahan dari rencana penelitian tersebut adalah..
a. Apakah pupuk urea mudah diperoleh?
b. Bagaimana mekanisme penyerapan pupuk urea oleh tanaman jagung?
c. Apakah tanaman jagung cocok dipupuk urea ?
d. Bagaimana pengaruh pupuk urea terhadap pertumbuhan tanaman jagung?
e. Apakah pertumbuhan tanaman jagung yang baik menyebabkan hasil produksi juga baik?
7. Vareabel bebasnya adalah...
a. Vareasi biji jagung
b. Suhu, cahaya, air, tanah
c. Vareasi dosis pupuk urea
d. Tinggi tumbuhan jagung
e. Vareasi pertumbuhan jagung
8. Hipotesanya adalah...
a. Urea berpengaruh pada pertumbuhan tanaman jagung
b. Urea dipengaruhi oleh kelembapan udara
c. Tingkat pertumbuhan tanaman jagung yang masih muda mennentukan produksinya
d. Tanaman jagung dipengaruhi oleh suhu, cahaya, tanah, dan air
e. Produksi tanaman jagung dipengaruhi oleh pengolahan tana
9. Cabang biologi yang mengkususkan bidang kajiannya fungsi kerja tubuh adalah...
a. Fisiologi d. Morfologi
b. Anatomi e. Organologi
c. Sitologi
10. Sekelompok tanaman padi di sawah menurut konsep ekologi disebut...
a. Populasi d. Komunitas
b. Bioma e. Biosfer
c. Ekosistem
11. Ruang lingkup biologi meliputi obyek, tingkat organisasi, dan tema dasar. Yang termasuk tingkat organisasi dasam kehidupan adalah...
a. Plantae, bioma, ekosistem
b. Komunitas, ekosistem. Bioma,
c. Ekosistem, animlia, plantae
d. komunitas, plantae, bioma
e. molekul, jaringan, biosfer
12. untuk mempelajari jasad renik, maka kita memperdalam cabang biologi yaitu...
a. virologi d. Protozoologi
b. parasitologi e. Patologi
c. mikrobiologi
13. kumpulan bermacam – macam jaringan yang dapat melakukan fungsi tertentu disebut..
a. jaringan d. Individu
b. organ e. Populasi
c. sistem organ
14. pada organisme multiseluler. Sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama membentuk...
a. jaringan d. Individu
b. organ e. Populasi
c. sistem organ
15. seorang ilmuwan yang akan meneliti tentang jaringan tumbuhan harus menguasahi...
a. botani d. Fisiologi
b. histologi e. Anatomi
c. morfologi
16. makhluk hidup dan faktor abiotik pada suatu lingkungan merupakan suatu kesatuan yang disebut..
a. habitat d. Ekosistem
b. populasi e. Bioma
c. komunitas
17. ayam menghasilkan ayam lain yang sifatnya mirip dengan induknya. Pernyataan tersebut menunjukan ciri...
a. reproduksi
b. gerak dan reproduksi
c. metabolisme
d. tumbuh dan berkembang
e. menurunkan dan tumbuh
18. Aku merupakan suatu dugaan sementara dalam suatu aktivitas ilmiah. Apakah aku?
a. Masalah d. Anggapan dasar
b. Kesimpulan e. Kerangka dasar
c. Hipotesis
19. Tujuan menyusun kerangka berpikir untuk..
a. Memunculkan masalah baru
b. Mmembatasi permasalahan yang ada
c. Merumuskan permasalahan
d. Memecahkan permasalahan
e. Menguji permasalahan
20. A. Hipotesis D. eksperimen
B. kerangka berpikir E. permasalahan
C. kesimpulan
Struktur meode ilmiah yang benar adalah...
a. A,B,C,D,E d. E,A,B,D,E
b. A,C,B,D,E e. E,B,A,D,C
c. B,C,A,D,E
21. Keterangan untuk menyusun kerangka berpikir dapat diperoleh dari hal – hal berikut, kecuali..
a. Laporang penelitian orang lain
b. Wawancara dari pakar
c. Pengamatan langsung
d. Bertanya pada teman dekat
e. Percobaan yang dilakukan sendiri
22. Urutan sistem dalam organisme dimulai dari tingkat yang paling rendah adalah..
a. Organisme – jaringan – sistem organ – organ – sel
b. Jaringan – sel – organ – sistem organ – organisme
c. Sel – jaringan – organ – sistem 0rgan – organisme
d. Organisme – sistem organ – organ – jaringan – sel
e. Sel – organ – jaringan – sistem organ – organisme
23. Laporan hasil observasi yang benar adalah..
a. Suhu tubuhnya panas
b. Warna bunganya menarik
c. Warna bunganya hijau kekuningan
d. Daunya lebar dan memanjang
e. Obat itu rasanya pahit sekali
24. Jawaban sementara dari masalah penelitian yang harus diuji kebenarannya adalah..
a. Eksperimen d. Hipotesis
b. Analisis e. Diagnosis
c. Sampel
25. Cabang biologi yang mempelajari tentang penurunan sifat adalah...
a. Botani d. Zoologi
b. Genetika e. Embriologi
c. Fisiologi
26. Untuk mengukur suhu tubuh kita menggunakan..
a. Teleskop d. Barometer
b. Mikroskop e. Altimeter
c. Termometer
27. Untuk mengamati jasad renik kita menggunakan...
a. Teleskop d. Barometer
b. Mikroskop e. Altimeter
c. Termometer
28. Mana yang bukan bagian dari komunitas...
a. Produsen d. Konsumen
b. Pengurai e. Abiotik
c. Hewan
29. Kumpul;an populasi – populasi yang saling berinteraksi membentuk...
a. Komunitas d. Spesies
b. Ekosistem e. Bioma
c. Ekosistem
30. Hipotesis akan terjawab apabila dilakukan..
a. Eksperimen d. Masalah
b. Kesimpulan e. Masalah
c. Teori
Tidak ada komentar:
Posting Komentar